Kamis, 08 Maret 2012

Flowchart Kas pada Perusahaan Manufaktur

Laporan aliran kas adalah laporan yang menyajikan informasi tentang perubahan kas selama satu periode. Termasuk dalam pengertian kas adalah uang tunai yang benar-benar ditangan dan yang disimpan di giro bank, ditambah setara kas. Yang dimaksud dengan setara kas adalah investasi jangka pendek yang sangat likuid, yang segera dapat dikonversikan menjadi sejumlah kas tertentu, dan jatuh temponya begitu singkat sehingga resiko perubahan nilainya tidak signifikan kalau terjadi perubahan tingkat bunga.

Aliran kas dikelompokkan menjadi tiga golongan yakni :
a. Aktivitas operasi (operating )
b. Aktivitas Investasi ( Investing )
c. Aktivitas Pembelanjaan ( Financing ).

Aktivitas investasi meliputi pemberian dan penagihan pinjaman : pembelian dan penjualan surat tanda utang dan saham perusahaan lain, tanah, gedung pabrik, mesin produksi dan aktivitas lainnya, yakni aktiva yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa.

Aktivitas Pembelanjaan ( pendanaan ) meliputi pemerolehan sumber ekonomi dari pemilik ( pemegang saham ), pemberian deviden atau distribusi lainnya kepada pemilik, dan penarikan kembali saham yang telah beredar.

Aktivitas operasi meliputi seluruh transaksi dan peristiwa lain yang tidak termasuk dalam aktivitas investasi dan pembelanjaan. Aktivitas operasi umumnya mmeliputi pemproduksian dan penyerahan barang atau jasa. Aliran kas dari aktivitas operasi umumnya adalah dampak kas dari transaksi-transaksi dari peristiwa lain yang diperhitungkan dalam penentuan laba bersih. 

Aktivitas investasi dan pembelanjaan yang dilaporkan ditubuh laporan aliran kas adalah aktivitas yang melibatkan kas. Aktivitas investasi dan pembelanjaan yang tidak mempengaruhi kas, seperti pembelian aktiva tetap dengan mengeluarkan saham atau obligasi tidak dilaporkan ditubuh laporan aliran kas.

Gambar flowchart pada perusahaan Manufaktur



  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar